SMAN 1 Kayuagung Berbagi Kasih kepada 255 Kaum Duafa

Kamis, 17 Oktober 2013 10:28:53 - oleh : QD

KURBAN 3 Sapi dan 1 Kambing

Tahun ini, SMAN 1 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir kwembali menggelar penyembelihan hewan kurban secara bersama di lingkungan sekolah setempat. Hal ini di lakukan selain sebagai agenda tahunan kegiatan OSIS juga untuk memuliakan momentum besar di Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1434 H.

Kepala SMAN 1 Kayuagung Husnul Yaqin, M.Pd mengatakan, kegiatan berkurban tersebut merupakan tradisi baik yang telah diterapkan pada kepemimpinan terdahulu yang kemudian diteruskan pada kepemimpinan yang baru saat ini.

"Pihak sekolah sangat berterima kasih kepada para wali siswa yang telah berpartisipasi mewujudkan kegiatan kurban ini. Diharapkan dengan berkurban ini disekolah mendapatkan berkah dari Allah SWT, juga mendidik dan mengenalkan ibadah berkurban kepada para siswa,agar sebagai kaum muslim yang selalu taat dan patuh kepada perintah Alaah SWT," ujarnya.

Lanjut Husnul Lagi, dengan adanaya kurban ini akan melatih siswa agar mampu berbagi kasih dengan peduli antar sesame terutama bagi kaum duafa. Ibadah berkurban memiliki keterkaitan dengan ibadah lainnya. Seperti kutipan salah satu hadist yang menyatakan bahwa siapa saja yang mempunyai kemampuan lalu tidak berkurban, maka janganlah mendekati tempat shalat kami.

Selain itu juga, lanjut dia dengan berkurban mengajarkan kepada siswa memahami bagaimana berkurban mulai dari penyembelihan hingga pembagian daging hewan kurban tersebut sesuai dengan syariat Islam yang ada. Sehingga jiwa berkurban akan dengan sendirinya terbenruk pada diri para siswa.

Terpisah, koordinator pelaksana kurban, M.Isnaini S.Pd mengatakan melalui kegiatana ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap peduli kasih untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan, dalam hal ini kaum duafa dan mereka yang memerlukan uluran tangan kita.

" Tahun ini hewan kurban disekolah kita ada dua sapi dan satu kambing kurban siswa SMAN 1 Kayuagung  dan satu sapi lagi kurban dari guru sekolah setempat. Kita membagikan daging Kurban ini kepada 255 kaum duafa dalam kota Kayuagung, melalui kupon yang telah dibagikan pada 11 Oktober 2013 lalu, serta dibagikan juga kepada para siswa disekolah setempat yang berhak menerimanya" ungkapnya.

Semoga dengan adanya kegiatan penyembelihan hewan kurban dapat melatih jiwa sosial kita peduli akan kesulitan saudara kita, lalu meningkatkan kadar keimanan kita kepada Allah SWT yang menjalin kuatnya tali silaturahmi sebagai umat muslim.(sumber: Ogan Express)

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya