SONGSONG SBI, SMAN 1 KAYUAGUNG TERUS BERBENAH

Kamis, 25 November 2010 12:26:34 - oleh : admin

Kayuagung, Setelah mendapatkan predikat Rinrisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dari Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2006 lalu, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kayuagung terus melakukan pembenahan baik yang bersifat internal maupun eksternal sekolah.
"Inilah kesempatan kami untuk lebih meningkatkan mutu guna menjadikan sekolah ini nantinya menjadi sekolah yang bertaraf internasional", ujar Kepala SMAN 1 Kayuagung, Anwar Sanusi NW, S.Pd M.Si kepada koran ini saat ditemui di ruang kerjanya.
Dikatakannya, sekolah yang kini dipimpinnya mendapatkan kesempatan untuk menyandang predikat RSBI semaasa Alimin Aslan yang kini menjabat sebagai Pengawas SMP dan SMA Kabupaten OKI. Kemudian lanjutnya, RSBI ini dilanjutkan semasa Abdul Gofar, S.Pd yang kini menjabat sebagai Kepala SMAN 3 Unggulan Kayuagung. "Dan saya sebagai kepala sekolah yang baru memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan program RSBI sampai akhirnya sekolah ini menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)," tambah pria kelahiran Kayuagung pada 30 Agustus 1965 ini. Sebagai pimpinan di SMAN 1 Kayuagung, lanjut Anwar, dia telah memberikan imbauan kepada tenaga pendidik yang ada di sekolah tersebut. Untuk bahu membahu meningkatkan mutu sekolah itu. "Saya baru satu bulan menjabat sebagai kepala SMAN 1 Kayuagung.
Oleh sebab itu langkah awal yang saya lakukan adalah melakukan pemebnahan secara bertahap".
Program yang selama ini berjalan saya nilai sudah cukup baik. Sekarang tugas kami bersama untuk memelihara, meneruskan atau melanjutkan program tersebut". terangnya. Anwar menjelaskan, SBI adalah sekolah yang telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada tiap aspeknya serta mampu mengembangkan budaya sekolah yang mendukung ketercapaian Standar Internasional. untuk mengarah ke tujuan itu, sebagai pimpinan di sekolah tersebut, Anwar mengatakan ada beberapa hal yang perlu dibenahi, diantaranya adalah memprogramkan percepatan ICT (Information dan Communication Technology).
"Jadi program ini adalah siswa dan siswi yang ada akan mendapatkan informasi dan komunikasi dengan teknologi yang cepat. Wujud nyata yang dilakukan saat ini adalah kami telah memiliki memiliki website sekolah. Dengan website ini setiap siswa dapat mengakses da masyarakat secara umum dapat mengetahui informasi tentang keberadaan SMAN 1 Kayuagung ini", paparnya.
Selain percepatan ICT, lanjutnya lagi, untuk menuju SMAN 1 kayuagung sebagai Sekolah Bertaraf Internasional, pihak sekolah akan mengusulkan pembangunan sarana dan prasarana sekolah. "Bila untuk ruang belajar kelas (RKB), sekolah kami sudah cukup memadai, namun yang akan kami usulkan melalui dinas terkait yanitu pembangunan asrama bagi siswa dan siswi tersebut. Dengan cara ini kami yakin mereka akan lebih fokus untuk mengikuti proses kegiatan belajar dan mengajar di sekolah", urainya.
Anwar mengungkapkan, program tersebut merupakan program awal yang akan dilakukannya sebagai pimpinan di sekolah itu.
Sementara untuk tenaga pengajar dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada tidak mengalami kendala. (Ogan Express 25/10/10)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya