PROVISIONING STUDENT’S ORGANIZATION OF SENIOR HIGH SCHOOL NUMBER 1 KAYUAGUNG

Jum`at, 14 Januari 2011 08:24:03 - oleh : gita

PROVISIONING STUDENT'S ORGANIZATION
OF SENIOR HIGH SCHOOL NUMBER 1 KAYUAGUNG


"Creating students organization be able to do their work well, base on their duties, responsibility and become the leader for another student." Visi pengurus osis periode 2010-2011.
Pada acara pembukaan pembekalan osis periode 2010-2011 yang di atur oleh Sarina dan Agrilina selaku pembawa acara. Ketua pelaksana pembekalan pada hari ini tanggal 11 januari 2011 adalah Putri Septria selaku ketua sekbid V yaitu pendidikan, organisasi, politik, dan kepemimpinan.
Pembekalan osis SMA Negeri 1 Kayuagung hari ini di hadiri oleh beberapa guru SMANSAKA dan seluruh pengurus osis, narasumber, dan selaku dokumentasi adalah reporter majalah GITA.


Susunan acara Pembekalan Osis Periode tahun 2010-2011 :
- Opening / pembukaan
- Menyanyikan lagu Indonesia Raya
- Kata sambutan kepala sekolah SMAN Negeri 1 Kayuagung sekaligus membuka acara tersebut.


Beliau menyampaikan mulai sekarang osis harus membuat schedule perencanaan kegiatan osis dalam satu periode, dari mulai di lantik sampai pemilihian pengurus baru. Dengan syarat adanya keterangan dari program rencana yang telah di buat seperti terlaksana atau tidak terlaksananya program yang di buat tersebut.
"Kerjakan yang kamu tulis atau tulis yang kamu kerjakan" ucap kepala sekolah. Jangan hanya asal menulis walaupun sederhana harus di buktikan dengan tindakan. Menghargai komitmen dan menghargai waktu yang harus di terapkan dalam bekerja. Pembekalan ini adalah pembekalan mental. Saran beliau janji siwa harus di revisi setiap tahun oleh anggota osis. Dan dengan mengucapkan bismillah Beliau dengan resmi membuka pembekalan osis periode 2010-2011.
- Doa oleh Robby Arjuna
Di lanjutkan dengan penyampaian yang di sampaikan oleh Dra. Woro Kusdarini mengenai kebijakan sekolah. Pertama-tama beliau menceritakan sedikit tentang hidupnya. Beliau juga berkata bahwa ia akan berumur 51 tahun pada bulan Juni nanti. Hobbi beliau banyak, salah satunya baca, nulis, olahraga, beliau mengatakan ia selalu tidur di bawah jam 24.00 karena merupakan kebiasaan. Tapi badannya selalu sehat karena selalu menjaga kondisi tubuh. Olharaga, sarapan, dan membiasakan hidup sehat sejak dulu. Riwayat pendidikannya SMKK Negeri Palembang jurusan Tata Boga. Lulus SMKK masuk FKIP UNSRI jurusan B.Indonesia.
Beliau pun menyampaikan kita boleh mengingat setiap tindakan teman kita tapi kita tidak boleh menyimpannya dalam hati. Karena kita tidak boleh mempunyai sifat mendendam. Jangan biarkan hati kita berduri.
Mengenai kebijakan sekolah,beliau menjelaskan bahwa kalian selaku pengurus osis adalah motor dari kebijakan sekolah. Kalian adalah contoh bagi siswa lain. Pintar adalah syarat utama pengurus osis. Karena kalian harus mempunyai kemampuan lebih dari siswa lain. Kemudian tanggung jawab, tanggung jawab di rumah kepada orang tua, kita pun sebagai siswa di sekolah mempunyai tanggung jawab yang cukup berat, kita harus bisa membagi waktu. Kita harus melaksanakan tugas osis dengan senang hati dan tanpa beban karena itu memang tanggung jawab kita yang telah memutuskan untuk menjadi pengurus osis. Kita tidak bisa dan tidak boleh mengeluh dengan orang lain. Karena orang dewasa adalah orang yang bisa memecahkan masalahnya sendiri tanpa melibatkan orang lain. Karena orang lain bukan lah orang yang dapat memecahkan masalah kita, orang lain hanyalah tempat curhat kita. Jadi belajarlah untuk menjadi dewasa, Beliau menjelaskan.
Demikian informasi selintas mengenai kebijakan sekolah yang di sampaikan oleh Dra. Woro Kusdarini.


Acara selanjutnya adalah penyampaian materi mengenai "Pembuatan Proposal" yang di sampaikan oleh Drs. Iskandar, ZA.
Berikut adalah biodata Dra. Iskandar, ZA :
Tempat tanggal lahir : Galang Tinggi , 03 September 1960
Alamat : Cokro aminoto
Hobi : Olahraga dan badminton
Status : Kawin
Pendidikan terakhir : S1 kimia unsri
Motto : Pantang mundur sebelum berhasil


Beliau bercerita ia pernah menjadi guru SMA Negeri 1 Kayuagung dan mengajar Kimia dan Fisika pada tahun 1987-1996. Seterusnya menjadi kepala sekolah SMP sekayu, kepala sekolah SMA Rambutan, berpindah ke OKI lagi, di tugaskan di dinas pasar, sempat menjadi wakasek bidang kesiswaan di SMA Negeri 1 kayuagung, beliau lah yang pertama kali melahirkan dan mengelola adipura, dan pada januari 2010 menjadi Ketua Dispora.
Beliau menyampaikan Osis adalah salah satu organisasi yang bekerja di bawah naungan Dispora. Beliau banyak menyampaikan program kerja dispora pada tahun ini. Dan beliau pun memberikan kritik membangun kepada Pengurus Osis. Mengenai pembuatan surat dan proposal yang baik dan benar.


Kemudian narasumber berikutnya dari bapak Askweni, S.Pd

Tempat tanggal lahir : Tulung Selapan , 28 April 1973
Alamat : Jln. Beringin Raya lorong karet RT.03 no. 15 Sukadana
Hobi : Membaca dan berorganisasi
Status : Menikah dengan satu istri
Agama : Islam
Riwayat pendidikan : SD 1 batu ampar
SMP 6 kayuagung
Sman1 kayuagung
Unsri indra laya
Motto : Hidup mulia atau mati syahid


Beliau menyampaikan materi mengenai kewirausahaan, dimana dia menyampaikan isi dari buku yang berjudul "Rich Dad Poor Dad" di dalam buku ini banyak pengetahuan yang baru kita dapatkan dan kita tahu dari beliau. Bagaimana cara menjadi kaya, dan bagaimana seseorang dikatakan kaya atau miskin. Seorang bisa di katakana kaya apabila ia bisa bertahan hidup tanpa bekerja atau seseorang yang bebas finansial.
Kita pun mendapat pengetahuan, mengenai aset dan liabilitas. Baik dari pengertian, fungsi dan manfaatnya.
Setelah isoma (istirahat, solat, makan) kegiatan di lanjutkan. Dengan pembawa acara Eda, dan penyampai materi Akip Firmansyah alumni SMA Negeri 1 Kayuagung.


Dengan judul materi kepemimpinan.
Disini beliau tidak untuk menyampaikan materi tapi hanya akan bertukar pikran dan pengalaman. "Organisasi adalah satu-kesatuan yang mempunyai ketua dan anggota" tutur beliau.
Seorang pemimpin itu harus jujur, tanggung jawab, mempunyai komitmen, dan konsisten. Dan beliau pun memberi tahukan syarat-syarat menjadi pemimpin yang baik.
Inti dari materi yang beliau sampaikan adalah bagaimana agar organisasi menjadi baik dan sukses.


Materi selanjutnya diberikan oleh narasumber kita dari bank sumsel yaitu bapak Edi.
Yang memberikan materi mengenai keuangan dan mencari dana.
beliau mengatakan bahwa mencari dana kita harus mengadakan kerja sama dengan pihak-pihak tertentu.
Beliau pula mengatakan pendapatan-pendapatan di kabupaten OKI.
Hari pun semakin sore, tetapi para pengurus OSIS dan redaksi GITA tetap semangat untuk mendengarkan materi dari narasumber yang selanjutnya, yaitu bapak Pratama.


Materi yang disampaikan mengenai organisasi dan manajemen.
Beliau mengatakan bahwa dengan adanya teknologi internet kita bisa mencari informasi dimanapun, kapanpun dan bagaimanapun.
Beliau menyebutkan bahwa organisasi yang baik tersebut di junjung dengan pemimpin dan anggota-anggota yang bekerja sama dengan baik.
"Ketua OSIS merupakan otak, sekretaris merupakan jantung dan bendahara merupakan lambung."
Waktu pun menunjukkan pukul lebih kurang 16.30 WIB. Acara pembekalan hari ini pun selesai. Banyak sekali pengetahuan yang telah di dapat hari ini. Untuk selanjutnya akan di laksanakan besok hari.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya