DEBORA SANG SISWA BERPRESTASI

Kamis, 26 Februari 2015 09:37:46 - oleh : QD

Nama saya Debora Yunitha Simbolon, putri tunggal dari bapak S.Simbolon dan ibu Apriani Siahaan, S.E. Lahir di Palembang, 16 Juni 1998 membuat saya masuk kategori "muda" dibandingkan dengan siswa-siswi lainnya di angkatan saya. Namun faktor usia bukanlah halangan untuk berprestasi, saya termasuk siswa yang aktif dibidang akademik dan non akademik.

Sejak kecil saya senang membaca dan menulis, kesenangan saya berteman dengan buku rupanya tumbuh berbanding lurus dengan pertumbuhan saya dan kini menjadi hobi yang sangat bermanfaat. Mengutip pendapat Barbara Tuchman yang sangat saya suka,

"Buku adalah pengusung peradaban. Tanpa buku, sejarah menjadi sunyi, sastra bisu, ilmu pengetahuan lumpuh, serta pikiran dan spekulasi akan mandek" (Barbara Tuchman, 1989).

 Memang benar, dengan berteman dengan buku serta memiliki hobi membaca dan menulis membuat saya menjadi Juara 1 Lomba Mengarang Siswa SMA yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan, Dokumentasi, Dan Arsip Daerah Kabupaten OKI tahun 2013. Kemudian saya mewakili Kabupaten OKI ke tingkat provinsi dan berhasil meraih Juara Harapan I Lomba Mengarang Bahasa Indonesia Tingkat SLTA se-Provinsi Sumatera Selatan tahun 2013.

Seiring dengan berjalannya waktu saya menemukan kesenangan baru yaitu berbicara, saat kelas X saya mulai diajak mengikuti perlombaan dan di tahun 2013 saya menjadi Juara III Lomba Pidato pada Lomba Tingkat Pelajar SMA sederajat se-Sumatera Selatan dalam rangka Peringatan Bulan Bahasa yang diadakan di FKIP Universitas Sriwijaya.

Bukan hanya membaca, menulis dan berbicara.. dalam bidang akademik, saya sangat tertarik dengan ilmu astronomi. Ketertarikan saya dengan ilmu ini sudah ada sejak SMP, saya mengikuti berbagai perlombaan tentang astronomi yang biasanya diadakan di Graha Teknologi Sriwijaya. Ketika SMA, saya bergabung dengan Sains Astronomi SMA Negeri 1 Kayuagung dan diberi kesempatan untuk mengikuti OSN tingkat kabupaten/kota, hasilnya saya meraih Juara Pertama Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang studi Astronomi tingkat kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2013 dan mewakili Kabupaten OKI dalam OSN tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Berbagai prestasi yang saya raih membuat saya terpilih menjadi perwakilan kabupaten Ogan Komering Ilir di Forum Anak Sumatera Selatan (FORASEL), saya bergabung dengan 14 anak lainnya dari seluruh kabupaten yang ada di Sumatera Selatan dan menjadi Delegasi Sumatera Selatan dalam Forum Anak Nasional 2014 yang diadakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada tanggal 1-4 Mei 2014.

(Delegasi Sumatera Selatan saat berfoto bersama ibu Linda Amalia Sari, mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

 

Bersama dengan teman satu kelana di Teater Bhineka TMII

Berkesempatan mengikuti FAN merupakan hal yang sangat membahagiakan dalam hidup saya, saya bertemu dengan tokoh-tokoh penting di negeri ini dan mendapatkan banyak sekali ilmu dari mereka yang luar biasa seperti Ibu Linda Amalia Sari, Bapak Anies Baswedan yang sekarang telah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan masih banyak pembicara lainnya. Saya berkenalan dan mengikuti kegiatan selama 4 hari dengan anak-anak dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.. berbeda bahasa, warna kulit, agama, suku, namun tetap saja suasana persaudaraan itu ada diantara kami semua.

(Foto bersama Delegasi Sumatera saat Malam Puncak Pertemuan FAN 2014 dengan tema Nasionalisme, Kebhinekaan dan Persaudaraan)

            Kemudian saya mewakili Forum Anak OKI bersama dengan satu teman lainnya menghadiri rangkaian kegiatan Peringatan Hari Anak Tahun 2014 yang puncaknya diadakan di Lapangan Tembak Jakabaring.

Berbagai kegiatan yang saya lakukan tidak merusak prestasi saya dalam belajar, saya selalu mendapatkan ranking pertama di kelas dan juara umum kedua di sekolah. Sekarang saya sudah duduk di bangku kelas XII.IPA 2, hal pokok yang saya lakukan adalah belajar. Sepulang sekolah saya mengikuti bimbingan belajar guna mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional dan seleksi masuk perguruan tinggi. Saya memiliki cita-cita yang tinggi, namun saya yakin bahwa kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil. Mengutip kata-kata dari Walt Disney yang sangat terkenal.. if you can dream it, you can do it!

@By.DeboraYunitaSimbolon

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya